Lembaga Sertifikasi Profesi ? Seberapa Penting Sih!

Saat ini banyak sekali perusahaan yang membutuhkan keahlian khusus dari para karyawannya untuk memajukan bisnis yang dijalankan. Banyak juga perusahaan yang memberikan syarat khusus untuk keahlian tersebut. Yaitu dengan harus memiliki sertifikasi kompetensi untuk bidangnya masing-masing. Nah biasanya kita ga tau tempat penyelenggara kegiatan sertifikasi yang terpercaya. Karena kita terbiasa mengikuti pelatihan murah dan hanya mendapatkan sertifikat sebagai peserta saja yang tidak memiliki nilai apapun. Maka dari itu kalian wajib banget nih tahu lembaga terpercaya yang tersebar di seluruh indonesia. Jadi kalian gak bingung lagi mencari lembaga terpercaya untuk mengambil keahlian khusus dan ini dia jawabannya, Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP.

apa itu Lembaga Sertifikasi Profesi?

Lembaga resmi dibawah pengawasan badan nasional sertifikasi profesi (BNSP) yang menyelenggarakan dan mengeluarkan sertifikasi berlogo burung garuda. Hanya lembaga yang telah mendapatkan ijin dari BNSP yang dapat melakukan proses ujian sertifikasi kompetensi.

Manfaat Ikut sertifikasi di lembaga sertifikasi Profesi?

Sudah pasti jika kita mendapatkan predikat kompeten dari salah satu LSP yang ada di indonesia maka sertifikat tersebut dapat digunakan untuk melamar pekerjaan baik di dalam maupun luar negeri. Selain itu, sertifikatnya telah di akui ASEAN, sehigga jika ingin mengikuti sertifikasi pilihlah lembaga yang terpercaya selaku penyelenggara sertifikasinya.

Fungsi dan Tugas LSP

  1. Sebagai sertifikator yang menyelenggarakan sertifikasi kompetensi. T
  2. Membuat materi uji kompetensi.
  3. Menyediakan tenaga penguji (asesor).
  4. Melakukan asesmen.
  5. Menyusun kualifikasi dengan mengacu kepada KKNI.
  6. Menjaga kinerja asesor dan TUK.
  7. Membuat materi uji kompetensi.
  8. Pengembangan skema sertifikasi

Pengen tau lembaga sertifikasi mana saja yang telah diakui oleh BNSP untuk menyelenggarakan sertifikasi kompetensi? cek link ini Daftar lsp Indonesia atau kunjungi Website Hits Unikom Radio untuk informasi lebih lanjut.